Senin, 25 November 2013

7 Pondasi Keberhasilan P2K3LL / HSE



   

7 Pondasi Keberhasilan P2K3LL / HSE
Terdapat 7 aktifitas penting yang akan menjadi penentu keberhasilan dari organisasi P2K3LL di tempat kerja anda. Aktifitas tersebut yaitu;

1. Accountability / Tanggung Gugat
  • Semua anggota dalam P2K3LL harus menyadari bahwa posisi mereka dalam organisasi P2K3LL membutuhkan adanya partisipasi aktif.
  • Semua anggota akan memiliki tanggung jawab untuk mencapai tujuan/target yang telah ditetapkan.

2. Commitment / Komitmen
  • Komite atau P2K3LL harus mendapatkan dukungan dari manajemen untuk menjamin pelaksanaan rekomendasi atau usulan dari P2K3LL
  • Para anggota juga harus menunjukkan komitmennya dengan cara menghadiri rapat, menyelesaikan tugas dari P2K3LL yang diembannya dan mendorong rekan kerjanya untuk melaksanakan program-program K3LL

3. Employee Involvement / Keterlibatan Pekerja
  • Ajak semua pekerja untuk berpartisipasi untuk menciptakan tempat kerja yang aman dengan cara;
             – Berperan untuk melaporkan semua temuan bahaya di tempat kerja
             – Menanggapi rekomendasi atau usulan perbaikan dari pekerja
             – Mengkomunikasikan kegiatan dari P2K3LL

4. Identifikasi Bahaya
Pencegahan kondisi berbahaya dan tindakan tidak aman dengan cara;
  • Memberikan pelatihan dasar mengenai identifikasi bahaya dan cara pengendaliannya
  • Fokus pada identifikasi bahaya dan tindakan tidak aman yang berpotensi besar untuk menimbulkan cidera yang serius
  • Menggunakan laporan kecelakaan untuk fokus pada sumber bahaya yang memang telah menimbulkan cidera
  • Melaksanakan kegiatan rutin inspeksi K3LL
  • Mencatat dan mendiskusikan temuan inspeksi untuk bagaimana pengendaliannya

5. Penyelidikan Kecelakaan
Menetapkan prosedur untuk pelaporan dan penyelidikan setiap kecelakaan yang terjadi untuk diambil langkah pencegahannya.

6. Recordkeeping / Pencatatan
  • Lakukan pencatatan terhadap hasil kegiatan P2K3LL
  • Tetapkan sistem dan organisasi pengelolaan catatan P2K3LL yang rapih
  • Simpan catatan-catatan seperti; notulensi rapat, hasil inspeksi, hasil identifikasi bahaya, usulan K3LL dari tenaga kerja.

7. Evaluasi
  • Lakukan evaluasi rutin terhadap kemajuan dari program-program K3LL
  • Lakukan evaluasi terhadap kinerja dari anggota P2K3LL
  • Evaluasi kelebihan dan kelemahan dari P2K3 anda.
  • Tetapkan tujuan atau target baru.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar